Rabu, 05 Februari 2014

MENGOPERASIKAN SOFTWARE PENGOLAH KATA

siswa belajar bagaimana mengoperasikan software pengolah kata dari mulai Notepad, Wordpad hingga Ms. Word.



MS WORD 

    Salah satu Program paket yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft berfungsi untuk mengolah kata. Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar




 
-          - Membuat surat resmi/undangan : kop/kepala surat> pembuka, isi, penutup
-          - Header dan footer
-          - Merge cell > menggabungkan cel




-          - Daftar isi dg > tabulasi
Contoh :

Pc stand alone             ........................................................................            1
Ms Word                     ........................................................................            2
Ms excell                     ........................................................................            3



-         -  Membuat tanda tangan > Insert > shapes :                                   
Ø  Ms Paint 



-          - Memasukan gambar : insert > Picture, clip art  
-          - Membuat table : klik insert > table > pilih kolom+baris

-         -  wordArt > memperindah huruf 




-          - flowchart > membuat stuktur organigram atau alur kerja  > insert > Smart art




-         -  save : menyimpan, 
 





- print : mencetak, copy/paste dll
- mail merge adalah Dalam bahasa Indonesia, pengertian Mail Merge bisa juga disebut dengan “Surat Massal”. Di sini pengertian mail merge adalah sebuah cara atau metode untuk membuat banyak tulisan atau terutama surat dengan format yang sama dengan mudah dan sangat cepat, hanya dengan mengubah sedikit pada bagian nama atau alamat si penerima surat.

Untuk bekerja dengan mail merge yang diperlukan hanyalah data yang berisi nama, alamat, jabatan, atau data lainnya yang ingin ditambahkan atau diubah. Untuk format atau isi surat bisa hanya dengan satu format atau satu isi yang sama persis.
untuk membantu mempermudah dalam pembuatan surat atau tulisan lain dalam jumlah yang banyak dengan format yang sama. Fungsi Mail Merge ini sangat membantu, karena dalam cara kerjanya kita hanya perlu membuat dua file. File pertama berupa spreadsheet atau database yang berisi data seperti nama, alamat, atau data lainnya yang akan diolah. Sedangkan file kedua adalah berupa isi dari surat yang akan mengolah data yang telah ada dari file yang satunya.



Pengertian Mail Merge, bagi kita yang sering membuat surat, tentu pernah mengalami kesulitan ketika kita diharuskan membuat surat untuk banyak orang dengan isi yang sama. Tidak jarang sebagian orang awam akan menemui kesulitan ketika harus mengganti nama atau alamat si penerima surat. Nah ada sebuah aplikasi di dalam Microsoft Word yang memungkinkan kita lebih mudah untuk mengerjakan pekerjaan semacam ini. Aplikasi ini yang disebut dengan Mail Merge.


Pengertian Mail Merge adalah sebuah aplikasi surat menyurat yang disediakan oleh aplikasi untuk menulis di dalam komputer seperti Microsoft Word, yang memungkinkan penggunanya untuk membuat banyak surat dengan format dan isi yang sama dengan cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar